Syrategi guru dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan keagamaan di RA MUSLIMAT NU BALEAGUNG

, Nur kalimah (2023) Syrategi guru dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan keagamaan di RA MUSLIMAT NU BALEAGUNG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NUR KALIMAH 23050180029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam membentuk karakter religius melalui kegiatan keagamaan di RA Muslimat NU Baleagung serta untuk mengetahui karakter yang terbentuk dari strategi yang diterapkan guru di RA Muslimat NU Baleagung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas B dan murid RA Muslimat NU Baleagung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: Strategi yang digunakan guru di RA Muslimat NU Baleagung dalam menanamkan karakter religius melalui kegiatan keagamaan berupa pembiasaan, hafalan, pemutaran video, bercerita, serta pemberian contoh atau guru sebagai model. Dalam pembiasaan di RA Muslimat NU Baleagung dibagi menjadi 9 Pilar dan K4, yaitu: Pilar 1 Cinta Allah dan Segenap Ciptaan-Nya, Pilar 2 Kemandirian dan Tanggung Jawab, Pilar 3 Kejujuran, Amanah, dan Diplomatis, Pilar 4 Hornat dan Santun, Pilar 5 Dermawan, Suka Menolong, dan Gotong Royong, Pilar 6 Percaya Diri, Kreatif, dan Pekerja Keras, Pilar 7 Kepemimpinan dan Keadilan, Pilar 8 Baik dan Rendah Hati, Pilar 9 Toleransi, Kedamaian, dan Kesatuan, K4 Kebersihan, Kerapian, Kesehatan, dan Keamanan. Hafalan yang diterapkan di RA Muslimat NU Baleagung berupa doa sehari-hari, hadist, kalimah toyibah, surat pendek, dan asmaul husna. Untuk strategi dengan bercerita dalam membentuk karakter religius di RA Muslimat NU membacakan berbagai cerita, yaitu: cerita nabi, tokoh islam, cerita anak dan cerita lainya yang mengandung nilai karakter religius. Strategi dengan model atau pemberian contoh di lakukan guru RA Muslimat NU Baleagung secara sponta, guru akan memberikan contoh cara sholat dan wudhu, berkata sopan, disiplin, membuang sampah pada tempatnya. Karakter religius yang terbentu dari strategi yang diterapkan guru RA Muslimat NU Baleagung: anak mampu mengetahui berbagai benda yang diciptakan Allah, mengetahui agama yang dianutnya, berkata sopan, menghormati orang lain, mengucapkan salam dan mencium tangan, mengetahui hal yang baik dan buruk, jujur, menghormati karya serta pendapat orang lain, mampu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, bertanggung jawab, mampu melaksanakan sholat fardu secara tepat waktu, toleransi terhadap tempat ibadah yang berbeda, suka berbagi, disiplin, mandiri, mempunyai rasa percaya diri.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Jul 2023 22:16
Last Modified: 03 Jul 2023 22:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17344

Actions (login required)

View Item View Item