KONTRIBUSI SPIRITUAL INTELLIGENCE DALAM MEMODERASI KEPEMIMPINAN ISLAMI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG USAHA MILIK PESANTREN (BUMP) SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOREJO SITUBONDO.

Akbar, Muhammad Ali (2023) KONTRIBUSI SPIRITUAL INTELLIGENCE DALAM MEMODERASI KEPEMIMPINAN ISLAMI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG USAHA MILIK PESANTREN (BUMP) SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKOREJO SITUBONDO. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KONTRIBUSI SPIRITUAL INTELLIGENCE DALAM MEMODERASI KEPEMIMPINAN ISLAMI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BIDANG USAHA MILIK PESANTREN (BUMP) SALAFIYAH SYAFI’IYAH SUKORE.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akbar, Muhammad Ali. 2023. Kontribusi Spiritual Intelligence dalam Memoderasi Kepemimpinan Islami dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bidang Usaha Milik Pesantren (BUMP) Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo. Kata Kunci: Spiritual Intelligence, Kepemimpinan Islami, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan variabel kepemimpinan islami terhadap kinerja karyawan, hubungan variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, moderasi variabel spiritual intelligence terhadap hubungan kepemimpinan islami dan kinerja karyawan, serta moderasi variabel spiritual intelligence terhadap hubungan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Adapun objek penelitian adalah karyawan Bidang Usaha Milik Pesantren (BUMP) Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif yang menerapkan metode penjelasan (explanatory). Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan dua cara yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bidang Usaha Milik Pesantren (BUMP) Salafiyah Syafi’iyah, Sukorejo, Situbondo yang berjumlah sebanyak 500 orang karyawan yang tersebar dalam berbagai anak usaha dalam naungan BUMP. Sampel yang digunakan terdiri dari 247 karyawan yang dengan sukarela mengisi kuisioner penelitian. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan teknik Partial Least Square (PLS), sementara alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan islami berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (2) lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. (3) spiritual intelligence tidak dapat memoderasi hubungan kepemimpinan islami pada kinerja karyawan. (4) spiritual intelligence tidak dapat memoderasi secara positif hubungan lingkungan kerja pada kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 01:58
Last Modified: 04 Jul 2023 01:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17347

Actions (login required)

View Item View Item