ANALISIS KEPUTUSAN BERZAKAT MUZZAKI MELALUI ORGANISASI PENGUMPUL ZAKAT : STUDI MUZZAKI BAZNAS DAN LAZISNU KABUPATEN KLATEN

Widianto, Rendy (2023) ANALISIS KEPUTUSAN BERZAKAT MUZZAKI MELALUI ORGANISASI PENGUMPUL ZAKAT : STUDI MUZZAKI BAZNAS DAN LAZISNU KABUPATEN KLATEN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS RENDY WIDIANTO NIM12030190009 FIX.pdf

Download (4MB)

Abstract

Analisis Keputusan Berzakat Muzzaki melalui Organisasi Pengumpul Zakat : Studi Muzzaki Baznas dan Lazisnu Kabupaten Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui potensi zakat di Kabupaten Klaten, yang belum termaksimalisasi dalam hal pengumpulannya. Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif SEM-PLS (Structural Equation Modeling–Partial Least Square), dengan memanfaatkan aplikasi olah data SmartPLS 3. Angket/kuesioner penelitian telah disebarkan dan sebanyak 100 sampel telah didapatkan, yang merupakan muzzaki Baznas Kabupaten Klaten dan Lazisnu Kabupaten Klaten. Hasil penelitian secara direct effects menjelaskan bahwa variabel religiusitas, promosi media, dan empati sosial tidak berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan muzzaki berzakat di OPZ. Hal ini mengindikasikan bahwa tingginya intensitas ketiga variabel tersebut, tidak berarti mendorong secara kuat keputusan muzzaki berzakat di OPZ. Hasil berbeda ditunjukkan variabel literasi zakat dan akuntabilitas OPZ memiliki pengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan muzzaki berzakat di OPZ. Tingkat literasi zakat yang semakin tinggi dan akuntabilitas OPZ yang semakin baik di mata muzzaki, maka akan mendorong keputusan muzzaki tersebut untuk berzakat di OPZ. Hasil indirect effects menjelaskan bahwa variabel religiusitas, literasi zakat, dan empati sosial tetap tidak berpengaruh signifikan, walaupun telah melalui metode mediasi variabel akuntabilitas OPZ. Variabel promosi media berpengaruh signifikan terhadap keputusan muzzaki berzakat di OPZ, setelah melalui mediasi dengan variabel akuntabilitas OPZ. Muzzaki mempertimbangkan akuntabilitas OPZ, melalui kegiatan promosi yang dilakukan oleh OPZ. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi organisasi pengumpul zakat (OPZ) dalam memaksimalisasi pengumpulan zakat di Kabupaten Klaten guna mengentaskan permasalahan kemiskinan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 17:05
Last Modified: 04 Jul 2023 10:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item