Herlina, Nina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII A MTsN 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI NINA.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Herlina, Nina. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Kelas VIII A MTsN 3 Brebes Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M. Pd. Kata Kunci: Problem Based Intruction; Power Point; Hasil Belajar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII A MTsN 3 Brebes tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran problem based instruction dengan power point. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Langkah-langkah PTK yaitu sebagai berikut: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjeknya yaitu 30 siswa kelas VIII A MTsN 3 Brebes yang terdiri dari 16 siswa laki-laki serta 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan penerapan model pembelajaran problem based instruction dengan power point mampu meningkatkan hasil belajar IPA materi zat aditif dan zat adiktif kelas VIII A MTsN 3 Brebes tahun pelajaran 2021/2022. Peningkatan tersebut bisa dilihat pada hasil belajar siswa yaitu siklus I yang tuntas sejumlah 20 siswa dengan persentase 67% serta yang tidak tuntas 10 siswa dengan persentase 33% dengan rata-rata 69,5 sedangkan pada siklus II yang tuntas sejumlah 26 siswa dengan persentase 87% serta yang tidak tuntas sejumlah 4 siswa dengan persentase 13% dengan rata-rata 79. Penelitian ini berhenti di siklus II karena sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu ≥ 80% dari total jumlah siswa dalam satu kelas mendapat nilai ≥ 70.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 18:54 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 12:34 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17358 |
Actions (login required)
View Item |