PENGARUH MANAJEMEN DAN PEMBERDAYAAN BUMP (BADAN USAHA MILIK PESANTREN) TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGELOLA DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada BUMP Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah)

Wijayanti, EKi (2023) PENGARUH MANAJEMEN DAN PEMBERDAYAAN BUMP (BADAN USAHA MILIK PESANTREN) TERHADAP KESEJAHTERAAN PENGELOLA DENGAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada BUMP Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al Falah). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS EKI WIJAYANTI 12030210002.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wijayanti, Eki. 2023. Pengaruh Manajemen dan Pemberdayaan BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren) Terhadap Kesejahteraan Pengelola dengan Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Variabel Moderasi. Tesis Fakultas Program Pascasarjana S2-Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Dosen Pembimbing : Dr. Abdul Aziz NP, S.Ag.,M.M Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat Pengaruh Manajemen dan Pemberdayaan BUMP (Badan Usaha Milik Pesantren) Terhadap Kesejahteraan Pengelola dengan Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan, meneliti, menjelaskan dan manarik kesimpulan dari fenomena yang dapat diamati dengan menggunakan angka-angka. Mengola data primer melalui kuesioner yang diberikan kepada pengelola BUMP Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al-Falah yang berjumlah 127 responden dengan teknik Stratified Random Sampling. Data yang diperoleh diolah menggunakan alat IBM SPSS statistic 23. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji T, Uji F serta uji koefisien determinasi (R²) dan uji asumsi klasik. Serta menggunakan uji moderated regression analysis (MRA) untuk menguji variabel moderating. Hasil penelitian pada uji Ttest menunjukkan bahwa manajemen dan pemberdayaan BUMP berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan. Hasil uji MRA menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan mampu memoderasi variabel manajemen dan pemberdayaan terhadap kesejahteraan. Kata kunci : Manajemen, Pemberdayaan BUMP, Kesejahteraan, Pendidikan Kewirausahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 19:52
Last Modified: 04 Jul 2023 19:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17360

Actions (login required)

View Item View Item