PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN BULLETIN BOARD UNTUK PEMAHAMAN TOLERANSI DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

juansyah, Febri (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN BULLETIN BOARD UNTUK PEMAHAMAN TOLERANSI DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi Febri Juansyah 23010190240 fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Juansyah, Febri (2023). pengaruh penggunaan discovery learning dengan bulletin board untuk pemahaman toleransi di SMK Negeri 1 Tengaran. Skripsi, fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan juran pendidikan agama islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning Dengan Bulleti Board, Pemahaman Moderasi Beragama. Penelitian ini bertujuan untuk menghetahui pengaruh penggunaan metode Discovery Learning dengan Bulletin Board untuk pemahaman Toleransi Di Smk Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini adalah menggunakan model penelitian penelitian Quasy experiment kuantitatif yang memiliki desain pre-test dan post-test. Dengan memiliki tiga fase yang terdiri dari pemberian soal pre-test untuk menghetahui kondisi awal dari sebuah penelitian, yang berikutnya akan diberikan stimulus baik kelas control maupun kelas experiment dan diakhiri dengan pemberian soal post-test. selanjutnya peneliti akan bisa membandingkan nilai kefektifan penggunaan model discovery learning dengan bulletin board untuk menghetahui tingkat pemahaman siswa dalam toleransi. Sedangkan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan keskriptif kuantitatif dan inferensial untuk menghetahui capaian dalam pembelajaran yang diterapkan. Dalam penelitian ini hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunaka model pembelajaran discovery learning dengan bulletin board lebih baik dibandingkang dengan kelas yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase kedua pengamatan kelas, yaitu kelas eksperiment sebesar 90,375%, sedangkan pada kelas control diperoleh presentase rata – rata 88,08%. Dan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning dengan bulletin board dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional hal ini dappat dilihat dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji – t diperoleh bahwa nilai Thitung ≥ Ttabel yaitu 3,754 > 2,010. Hal ini sesuai dengan kriteria tingkat aktivitas siswa yang diperoleh yaitu termasuk kedalam kategori sangat tinggi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 20:01
Last Modified: 04 Jul 2023 20:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item View Item