UPAYA PASANGAN PERNIKAHAN DINI DALAM MEMPERTAHANKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung)

khakim, Alwi (2023) UPAYA PASANGAN PERNIKAHAN DINI DALAM MEMPERTAHANKAN KETAHANAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana upaya pasangan pernikahan dini di Desa Rowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung dalam mempertahankan ketahanan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kondisi keluarga pasangan pernikahan dini dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh pasangan pernikahan dini. Untuk mengungkapkan persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini bersifat kualitatif yang menggunakan metode deskriptif analitif, yang bermanfaat memberikan informasi, fakta dan data mengenai upaya pasangan pernikahan dini, kemudian data tersebut diuraikan, dianalisis, dan dibahas. Narasumber berjumlah 6 orang, yaitu 3 pasangan suami istri yang melaksanakan pernikahan pada tahun 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya pasangan pernikahan dini di Desa Rowo Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung meliputi tiga aspek. Pertama, upaya penyelesaian masalah ekonomi dengan cara bekerja keras seperti bertani dan berdagang, menabung, membuat pembukuan pengeluaran dan pemasukan. Kedua, upaya menunjang pendidikan anak meliputi pendidikan formal dan agama, dengan menyekolahkan anak dan menitipkan ke TPQ untuk belajar agama, maka hal tersebut dapat eningkatkan kasih sayang dalam keluarga. Ketiga, upaya komitmen keluarga dalam menjaga emosi positif, konsep diri positif, seperti menjaga komikasi dengan baik, jujur, sabar. Upaya yang dilakukan oleh pasangan perrnikahan dini ditemukan dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa pasangan pernikahan dini telah sesuai dan tidak bertentangan dengan UU No. 52 Tahun 2009. Dan terbukti bahwa dengan upaya-upaya yang dilakukan dapat mempertahankan ketahanan keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 20:56
Last Modified: 04 Jul 2023 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

View Item View Item