RESEPSI SANTRI TERHADAP PEMBACAAN MUJAHADAH BASMALAH MENJELANG UJIAN SEKOLAH (Studi Living Qur'an di Madrasah Diniyah Darul Hidayah Rejosari, Pringsurat, Temanggung)

Hikam, Muhammad Subulul (2023) RESEPSI SANTRI TERHADAP PEMBACAAN MUJAHADAH BASMALAH MENJELANG UJIAN SEKOLAH (Studi Living Qur'an di Madrasah Diniyah Darul Hidayah Rejosari, Pringsurat, Temanggung). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi M Subulul Hikam IAT 53020190100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hikam, Muhammad Subulul. 2023. ”Resepsi Santri Terhadap Pembacaan Mujahadah Basmalah Menjelang Ujian Sekolah (Studi Living Qur'an di Madrasah Diniyah Darul Hidayah Rejosari, Pringsurat, Temanggung)”. Alfi Qonita Badi'ati, M.S.I. Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan berupa kajian resepsi living Qur'an. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Darul Hidayah Rejosari,Pringsurat, Temanggung. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana prosesi pembacaan mujᾱhadah basmalah serta bagaimana resepsi para santri terhadap pembacaan mujᾱhadah basmalah menjelang ujian sekolah di Madrasah Diniyah Darul Hidayah. Mujᾱhadah basmalah merupakan kegiatan pembacaan basmalah yang merupakan salah satu ayat Al-Qur'ān dengan bilangan tertentu, berasal dari satu kejadian kurang lebih tahun 2009 dan merupakan ijazah dari guru kiai Nurul Hadi selaku pimpinan Madrasah Diniyah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif pada studi living Qur'an yaitu kajian perilaku yang memaknai gejala dalam perilaku masyarakat, menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) berdasar teori resepsi Ahmad Rafiq. Dalam penelitian pembacaan mujᾱhadah basmalah ini data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis mendalam sehingga dapat ditemukan hasil dari penelitian menggunakan teori resepsi tersebut. Temuan penelitan ini adalah 1) Resepsi Al-Qur'ān Ahmad Rafiq ialah tindakan menerima dan merespon Al-Qur'ān dengan tiga tipologi yakni; resepsi eksegesis, resepsi estetis, serta resepsi fungsional. 2) Prosesi pembacaan mujᾱhadah basmalah dilakukan kondisional menjelang Ujian Sekolah dibaca bersama dengan serangkaian prosesi yang di dalamnya terdapat bacaan basmalah 876 kali. 2) Melalui penelitian ini Al-Qur'ān benar-benar dapat direspon dan diterima oleh santri sebagai sesuatu yang telah tertanam dalam kehidupannya sehari-hari dan sebagai wujud cinta terhadap kitab suci Al-Qur'ān, baik diresepsi secara eksegesis, estetis, maupun fungsional.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 00:34
Last Modified: 05 Jul 2023 00:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item