INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TOLERANSI BERAGAMA DI SMP N 1 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

Muntaha, Arif Ali (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI TOLERANSI BERAGAMA DI SMP N 1 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bismillah-Upload Tesis Muntaha.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui toleransi beragama di SMP N 1 Gubug Kabupaten Grobogan. Aspek yang di analisis dalam penelitian ini diantaranya: Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui toleransi beragama. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu: sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkah proses analisis data meliputi data reduction, data display dan verification. Hasil penelitian ini adalah: (1) proses internalisasi nilai toleransi beragama melalui tiga hal, yaitu transformasi nilai (proses pemberian nilai), transaksi nilai (tahap menganalisis nilai) dan transinternalisasi (praktrek atas nilai yang di peroleh). Metode internalisasinya meliputi: keteladanan, pembelajaran, dan pembiasaan. Output sikap toleransi beragama peserta didik meliputi: menghargai hak dan menghormati keyakinan orang lain, kasih sayang antar sesama, dan tidak saling mengganggu. (2) Problematika dalam internalisasi nilai-nilai toleransi beragama terdiri dari beberapa hal, yaitu: fanatisme agama yang berlebihan, etnosentrisme dan prasangka buruk kepada orang lain, dan lingkungan buruk diluar sekolah. (3) Implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui toleransi beragama adalah: internalisasi toleransi beragama memberikan dampak kasih sayang antar sesama manusia, tolong menolong, menghormati perbedaan keyakinan, dan mengajarkan sikap tidak saling mengganggu. Sedangkan pendidikan agama Islam adalah pendidikan yang menjunjung tinggi keadilan, kesamaan dan kesetaaraan, bahkan pendidikan agama Islam bertujuan membentuk manusia yang berakhlak mulia, berlaku bijak, penuh kedamaian berdasarkan nilai-nilai Islam (baik nilai aqidah dan nilai akhlak). Sehingga Implikasi internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam melalui toleransi beragama, yaitu membentuk pribadi manusia yang beriman kepada Allah (aspek keimanan) dan berakhlak mulia kepada sesama manusia (aspek akhlak). Serta menciptakan kedamaian dalam lingkungan masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 13:28
Last Modified: 12 Jul 2023 07:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17370

Actions (login required)

View Item View Item