PEMBINAAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DI MTS IBNU MAS'UD KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

kurniati, Masruroh (2023) PEMBINAAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DAN SIKAP KEMANDIRIAN SISWA DI MTS IBNU MAS'UD KECAMATAN JAMBU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kurniati, Masruroh. 2023. Pembinaan Menghafal Al-Qur’an Dan Sikap Kemandirian Siswa Di MTs Ibnu Mas’ud Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga.Pembimbing: Siti Rukhayati, M.Ag Kata Kunci: Pembinaan, Menghafal Al-Qur’an, Sikap Kemandirian Penelitian ini bertujuan:. 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pembinaan menghafal Al-Qur’an siswa di MTs Ibnu Mas’ud 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana pembinaan sikap kemandirian siswa di MTs Ibnu Mas’ud Kecamatan Jambu Kabupaten Semarang 3) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembinaan menghafal Al-Qur’an dam kemandirian siswa di MTs Ibnu Mas’ud 4) Untuk mendeskripsikan apa saja solusi dari hambatan pembinaan menghafal quran dan sikap kemandirian siswa di MTs Ibnu Mas’ud Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengasuh, ustad, pengurus dan santri. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Pembinaan Menghafal Al-Qur’an siswa di MTs Ibnu Mas’ud Jambu meliputi, Kegiatan Muroja’ah, Kegiatan tasmi’ 2) Pembinaan sikap kemandirian meliputi: Program hafalan Al-Qur’an, Kegiatan ekstrakurikuler, Kegiatan Boarding school, Palang merah remaja. 3) Faktor Pendukung menghafal quran adalah adanaya asrama boarding, Guru yang berkompeten, faktor fendukung dalam pembinaan kemandirian di MTs Ibnu Mas’ud, kegiatan pembiasaan positif, keteladanan orang tua dan guru, lingkungan sosial yang mendukung. Faktor penghambat pembinaan Menghafal Al-Qur’an meliputi malas dalam mengulang hafalan, lemah dalam melakukan hafalan, memanagemen waktu. Faktor penghambat pembinaan sikap kemandirian Meliputi: Pola Asuh orangtua, ekonomi dan pergaulan teman sebaya 4). Solusi dalam mengatasi hambatan program menghafal quran meliputi : membuat jadwal pribadi, membaca kembali ayat-ayat yang sudah dihafal, kurangi waktu bermain-main, banyak berdo’a dan istighfar. Solusi dalam mengatasi hambatan kemandirian siswa meliputi dukungan wali kelas, dorongan orang tua, pendekatan guru.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 17:23
Last Modified: 05 Jul 2023 17:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17375

Actions (login required)

View Item View Item