PEMBINAAN KETAATAN BERAGAMA DAN SIKAP TENGGANG RASA PESERTA DIDIK SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

karimah, Shinta ibni (2023) PEMBINAAN KETAATAN BERAGAMA DAN SIKAP TENGGANG RASA PESERTA DIDIK SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi Shinta Ibni Karimah 23010190110.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendiskripsikan pembinaan ketaatan beragama peserta didik SMK Diponegoro Salatiga. (2) Untuk mendiskripsikan sikap tenggang rasa peserta didik SMK Diponegoro Salatiga. (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari pembinaan ketaatan beragama peserta didik SMK Diponegoro Salatiga. (4) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung sikap tenggang rasa peserta didik SMK Diponegoro Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif karena data serta hasil penelitian yang didapat diolah dan disajikan secara diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan melewati tiga tahapan, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan keimpulan sera verifikasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, Guru Bimbingan Konseling serta lima siswa SMK Diponegoro Salatiga. Hasil penelitian ini menyatakan. Pertama, pembinaan ketaatan beragama peserta didik SMK Diponegoro salatiga meliputi pembiasaan, pengawasan, keteladanan, kajian Jum’at dan pemberian motivasi. Kedua, sikap tenggang rasa peserta didik SMK Diponegoro Salatiga sudah baik, adapun kegiatan pembinaan sikap tenggang rasa meliputi program one day one thousand, gotong royong, organisasi dan ekstrakulikuler. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pembinaan ketaatan beragama peserta didik SMK Diponegoro Salatiga. Faktor pendukung meliputi latar belakang sekolah beryayasan Islam, kerjasama yang baik antar guru, sarana prasarana yang memadai, semangat peserta didik. Faktor penghambat meliputi perkembangan teknologi, rasa malas dan menurunya semangat peserta didik, adanya guru yang pindah sekolah, lingkungan sekolah dan keluarga. Keempat, faktor pendukung dan penghambat sikap tenggang rasa peserta didik SMK Diponegoro. Faktor pendukung meliputi kerjasama guru yang baik. Kesadaran peserta didik, dan komunikasi dengan orang tua. Faktor penghambat meliputi karakter peserta didik yang sudah melekat, dan lingkungan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 20:53
Last Modified: 05 Jul 2023 20:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17380

Actions (login required)

View Item View Item