STRATEGI PENANAMAN NILAI EMPATI DAN TAWADHU' SANTRI DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA DAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN DARUL QUDDUSIS SALAM TENGARAN

Sari, Dita Atika (2023) STRATEGI PENANAMAN NILAI EMPATI DAN TAWADHU' SANTRI DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL ISLAM AL-FALAH SALATIGA DAN PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN DARUL QUDDUSIS SALAM TENGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS DITA ATIKA SARI 12010190045.docx.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi Penanaman Nilai Empati dan Tawadhu’ Santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Salatiga dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran . Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Fatchurrohman, M. Pd. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui strategi penanaman nilai empati dan tawadhu’ santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al- Falah Salatiga dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran. 2) Mengetahui hambatan dalam menanamkan nilai empati dan tawadhu’ santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al- Falah Salatiga dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran. 3) Mengetahui solusi dalam menanamkan nilai empati dan tawadhu’ santri di Pondok Pesantren Tarbiyatul Islam Al- Falah Salatiga dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan naturalistik. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penanaman nilai empati dan tawadhu’ yang diterapkan di pondok pesantren Tarbiyatul Islam Al- Falah Salatiga dan pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran yaitu dengan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas. Pembelajaran di dalam kelas yaitu dengan KBM atau madin dan di luar kelas dengan pengauatan struktur kepengurusan dan keteladanan (uswah), pembiasaan, nasihat (mauidzah), latihan, serta targhib wa tarhib (penghargaan dan hukuman). 2) Hambatan yang dihadapi pondok pesantren Tarbiyatul Islam al- Falah Salatiga dan pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran dalam menanamkan nilai empati dan tawadhu’ kepada santri meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu dari dalam diri santri, dan faktor eksternal yaitu dari lingkungan pertemanan, perbedaan latar belakang budaya dan daerah, koordinator dengan pembina, kurang intensifnya waktu mengajar, serta kurangnya interaksi antara asatidz dengan para santri. 3) Solusi dalam menanamkan nilai empati dan tawadhu’ santri di pondok pesantren Tarbiyatul Islam Al- Falah Salatiga dan pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Quddusis Salam Tengaran dengan melakukan pembelajaran menggunakan metode yang beragam, membangun hubungan sosial antara asatidz dan santri, serta terus menerus memperbaiki diri agar menjedi contoh yang baik, serta melakukan eveluasi kegiatan. Kata kunci: Empati, Strategi Pendidikan Nilai, Tawadhu’

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 21:01
Last Modified: 05 Jul 2023 21:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item