EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM BERBANTUAN LIVEWORKSHEET BERBASIS EDUTAIMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

dewi, Maulinda verna (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM BERBANTUAN LIVEWORKSHEET BERBASIS EDUTAIMENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAWEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Maulinda Verna Dewi 23070190011 TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Kooperatif Tipe Trade A Problem berbantuan Liveworksheet berbasis Edutaiment efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep materi statistika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bawen Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Pada penelitian ini yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Pada penelitian ini, tidak semua populasi dijadikan sampel tetapi memanfaatkan teknik Cluster Random Sampling. Setelah pelaksanaan undian secara acak, maka dipilih sampel penelitian yang terdiri dari 2 kelas yaitu siswa kelas VIII G (kelas eksperimen) yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Trade A Problem berbantuan Liveworksheet berbasis Edutaiment dan siswa kelas VIII F yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Trade A Problem tanpa Liveworksheet berbasis Edutaiment sebagai kelas kontrol. Nilai N-gain Score untuk penerapan kelas kontrol sebesar 29,1% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Trade A Problem tanpa Liveworsheet tidak efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa materi statistika. Hasilnya yaitu sebesar 57,4% sebagai N-gain Score pada kelas eksperimen, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Trade A Problem berbentuan Liveworsheet cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2023 18:46
Last Modified: 07 Jul 2023 16:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17397

Actions (login required)

View Item View Item