KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING BERBANTUAN GEOGEBRA 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

salsabila, Khairunnisa (2023) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING BERBANTUAN GEOGEBRA 3D TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Khairunnisa Salsabila 23070190071.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing berbantuan geogebra 3D terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin dengan sampel yang diambil secara acak menggunakan teknik sampling cluster random sampling sebanyak 34 siswa kelas VII A dan 34 siswa kelas VII B. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test untuk mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing berbantuan Geogebra 3D dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,018 < 0,05 dikatakan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil yang signifikan. Sedangkan rata-rata skor posttest kelas eksperimen 58,94 dan ratarata skor kelas kontrol 50,82 maka dapat dikatakan nilai rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Berbantuan Geogebra 3D efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2023 19:15
Last Modified: 06 Jul 2023 19:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17399

Actions (login required)

View Item View Item