PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, STRUKTUR AKTIVA, DAN BOARD DIVERSITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RISK COMMITTEE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI 2019-2021)

Hayuti, Ayu Dwi Ria (2023) PENGARUH GROWTH OPPORTUNITY, STRUKTUR AKTIVA, DAN BOARD DIVERSITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN RISK COMMITTEE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI 2019-2021). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AYU DWI RIA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh growth opportunity, struktur aktiva, dan board diversity terhadap nilai perusahaan dengan risk committee sebagai variabel moderasi. Growth opportunity di proksikan dengan Market to Books Total Equity (MBTE), struktur aktiva dihitung dengan perbandingan antara asset tetap dengan total asset, dan board diversity di proksikan dengan gender dewan direksi, usia dewan direksi, dan latar belakang pendidikan direksi. Nilai perusahaan diproksikan dengan rasio Tobin’s Q, dan risk committee diukur dengan variabel dummy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 159 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 69 sampel dari 23 data perusahaan yang didapat melalui metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan teknik regresi data panel dengan softwere SPSS versi 25. Hasilnya adalah growth opportunity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur aktiva berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, usia direksi berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkandireksi wanita dan latar belakang pendidikan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel RMC hanya mampu memoderasi pengaruh growth opportunity terhadap nilai perusahaan. Sedangkan RMC tidak mampu memoderasi pengaruh struktur aktiva, gender dewan direksi, usia dewan direksi, dan latar belakang pendidikan dewan direksi terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2023 19:56
Last Modified: 07 Aug 2023 09:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17401

Actions (login required)

View Item View Item