Sulistyowati, Elvi (2023) STRATEGI PEMBIMBING IBADAH UMRAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI BIRO RINDU BAITULLAH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SKRIPSI Elvi Sulistyowati 43020190085 MD (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara yang menyumbangkan jamaah umrah dan haji terbanyak. Oleh karena itu, banyaknya biro travel yang ada di negara Indonesia. Dan begitu perlunya pembimbing umrah memperhatikan pelayanan prima yang optimal dan berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembimbing ibadah umrah dalam meningkatkan kualitas pelayanan di biro Rindu Baitullah Kabupaten Sragen. Penelitian ini bisa dijadikan tolak ukur pembimbing umrah untuk bergabung di biro yang baik kualitasnya salah satunya biro Rindu Baitullah Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat field research. Sumber data yang diambil merupakan data primer dan juga data sekunder. Data primer diambil dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dara sekunder didapatkan melalui buku, jurnal, dan sumber lainnya. Pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan strategi pembimbing ibadah di biro Rindu Baitullah terdiri dari: Core Service yang berarti penyedian fasilitas, Facilling Service yang berarti pelayanan tambahan dan pelayanan khusus, dan Supporting Service yang berarti perubahan untuk mendukung peningkatan pelayanan. Dalam prosesnya menggunakan plainning yang berarti perencanaan, organizing yang berarti pengorganisasian, actuating yang berarti pelaksanaan, controlling yang berarti pengendalian serta pengawasan, dan evaluating yang berarti evaluasi. (2) Peningkatkan kualitas pelayanan di biro Rindu Baitullah berdasarkan hasil penelitian terdiri dari: Peningkatan sertifikasi pembimbing ibadah umrah, dengan mengadakan workshop, seminar, dan pelatihan-pelatihan. Memberikan materi mengenai manasik umrah untuk pembimbing supaya dapat disampaikan kepada jamaah. Dari biro mengadakan pemahaman materi untuk pembimbing. Pada kualitas pelayanan yang biro berikan ada beberapa yang harus diperhatikan saat memberikan materi manasik kepada pembimbing dan jamaahnya harus meningkat dengan sistematik. Biro Rindu Baitullah juga memberikan pelayanan cepat tanggap, memiliki call center atau red desk, mendengarkan keluhan jamaah, menjaga kesabaran, menjaga kesopanan, mencari solusi disetiap permasalahan, akui kesalahan bila ada, tepati janji, latihan pembimbing, dan meminta feedback kepada alumni jamaahnya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 21:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 09:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17404 |
Actions (login required)
View Item |