PENDIDIKAN SIKAP AMANAH DAN KARAKTER DEMOKRATIS BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA'ALLIMIN DUSUN BROJODITO DESA PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Nafisah, Rahma Laila Silfy (2023) PENDIDIKAN SIKAP AMANAH DAN KARAKTER DEMOKRATIS BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN BUSTANUL MUTA'ALLIMIN DUSUN BROJODITO DESA PAKIS KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
RAHMA LAILA SILFY NAFISAH 23010190072-2-dikompresi (1)_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nafisah, Rahma Laila Silfy. 2023. Pendidikan Sikap Amanah dan Karakter Demokratis Bagi Santri Pondok Pesantren Bustanul Muta’allimin Dusun Brojodito Desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: pendidikan sikap amanah; pendidikan karakter demokratis Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bentuk pendidikan sikap amanah di Pesantren; (2) Faktor pendukung pendidikan sikap amanah; (3) Faktor penghambat pendidikan sikap amanah; (4) Bentuk pendidikan karakter demokratis di Pesantren; (5) Faktor pendukung pendidikan karakter demokratis; (6) Faktor penghambat pendidikan karakter demokratis. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang didapat bersumber dari data primer dan sekunder berupa wawancara dengan pengasuh/kyai, asatidz/asatidzah, pengurus, dan santri, serta observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk pendidikan sikap amanahmelaluikegiatanshalatberjamaahdansoroganyangterprogram.(2)Faktor pendukungnya:latarbelakangagamayangbaik,pemberianapresiasidanhukuman, sarana prasarana yang memadai, dan pengajar yang mumpuni. (3) Faktor penghambatnya: pengaruh buruk dari teman, sistem yang monoton, dan masalah waktu yang bersamaan dengan aktivitas lain. (4) Pendidikan karakter demokratis melalui musyawarah tingkatan, dan kepengurusan. (5) Faktor pendukungnya:figur pendidik yang baik, kepribadian individu yang baik, pemimpin yang demokratis dan tata tertib/peraturan. (6) Faktor penghambatnya: pemahaman yang kurang, sistem kepemimpinan otoriter, dan pengaruh lingkungan sekitar dan sosialmedia.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2023 22:11
Last Modified: 06 Jul 2023 22:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17408

Actions (login required)

View Item View Item