MILLATANA, AUFIY (2023) Kemandirian Intelektual dan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
KEMANDIRIAN INTELEKTUAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Millatana, Aufiy. 2023. Kemandirian Intelektual dan Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang. Tesis. Program Magister Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh. Nursikin, M.S.I. Kata kunci: Kemandirian, kedisiplinan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang. Kemandirian dan kedisiplinan adalah kunci keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini penyimpulkan bahwa Kemandirian intelektual siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Kemandirian intelektual dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan. (1) Kemandirian intelektual siswa di SMA Muhammadiyah Susukan dtercermin melalui kegiatan-kegiatan diantaranya: literasi membaca Al Qur'an, salat dhuha dan dhuhur berjama'ah, dan kultum, gelar karya siswa yang berupa adzan, tartil, qiro’ah, penampilan seni tari, dan lukisan. Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan tercermin ketika siswa dapat mengatur waktu. (2) Upaya meningkatkan kemandirian dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI. Upaya-upaya yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Susukan dalam meningkatkan kemandirian siswa terutama dalam pembelajaran PAI diantaranya: menggunakan model dalam kegiatan pembelajaran, memberikan materi yang menyenangkan, memberikan apresiasi atau pujian. Upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan melalui beberapa hal berikut: melaksanakan peraturan kelas, hukuman atau sanksi dan memberikan. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan kemandirian intelektual dan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Susukan diantaranya: Faktor penghambat dalam meningkatkan kemandirian intelektual siswa sebagai berikut: latar belakang siswa, kurangnya buku yang disediakan, faktor dari dalam diri yatu kemalasan, kurangnya komunikasi dari bapak ibu guru. Faktor pendukung dalam meningkatkan kemandirian intelektual siswa sebagai berikut: pendampingan seutuhnya dari guru, pengaruh teman. Faktor penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sebagai berikut: latar belakang siswa, minimnya transportasi umum. Faktor pendukung dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sebagai berikut: kerjasama antar semua pihak sekolah, lingkungan sekolah yang mendukung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 14:22 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 14:22 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17419 |
Actions (login required)
View Item |