STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KOMPARASI DI MA AL-IRSYAD TENGARAN DAN MA AS SURKATI SALATIGA)

Ibrohim, Said (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA (STUDI KOMPARASI DI MA AL-IRSYAD TENGARAN DAN MA AS SURKATI SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Said Ibrohim.pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kedisiplinan Siswa (Studi Komparasi di MA Al-Irsyad Tengaran dan MA As Surkati Salatiga). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hammam Ph.D Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi dalam membina kedisiplinan siswa di MA Al-Irsyad Tengaran ( 2 ) Untuk mengetahui penerapan strategi dalam membina kedisiplinan siswa di MA As Surkati Salatiga, (3) mengetahui faktor penghambat strategi guru PAI dalam membina kedisiplinan siswa di MA Al-Irsyad Tengaran dan MA As Surkati Salatiga. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi komparasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data yang digunakan peneliti melalui reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi guru Pendidikan Agama Islam yang digunakan di MA Al-Irsyad Tengaran dalam membina kedisiplinan meliputi: (a) di dalam kelas di antaranya yaitu: Datang tepat waktu dalam kelas yang dilanjutkan dengan pemberian motivasi pentingnya kedisiplinan; (b) mengingatkan, membimbing dan mengarahkan para siswa di luar kelas untuk menggunakan seragam sesuai dengan jadwal sekolah. Sementara itu strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam oleh MA As Surkati Salatiga Tengaran dalam membina kedisiplinan antara lain: (a) memberi nasehat atau tabayyun dan memotivasi dalam kelas diantara proses hafalan al Qur'an (b) pemberian motivasi tentang pentingya kedisiplinan pada saat kegiatan apel diluar kelas. Kata Kunci : Kedisiplinan, Siswa, Strategi Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 14:32
Last Modified: 07 Jul 2023 14:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17420

Actions (login required)

View Item View Item