IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 DAN 3 UNGARAN

ilma, Roudhotul yahrotul (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 DAN 3 UNGARAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ROUDHOTUL YAHROTUL ILMA (12010190036) PASCASARJANA UIN SALATIGA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Ilma, Roudhotul Yahrotul. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan 3 Ungaran Kabupaten Semarang. Salatiga: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Mukh. Nursikin, M.S.I. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, dan Pendidikan Agama Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Ungaran dan SMP Negeri 3 Ungaran. Aspek yang dianalisis dalam penelitian ini diantaranya: Konsep Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 dan 3 Ungaran, Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 dan 3 Ungaran, serta faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Ungaran dan SMP Negeri 3 Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan, dan kemudian menyimpulkan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan dengan metode triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep Implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 dan 3 Ungaran, yaitu (1) Berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 (2) SMPN 1 Ungaran menggunakan jalur Mandiri Belajar dan SMPN 3 Ungaran Mandiri Berbagi. Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 1 dan 3 Ungaran diterapkan beberapa hal, yaitu: (1) Asesmen Diagnostik, (2) Pembelajaran Diferensiasi dan (3) Pendidikan Karakter. Dalam aspek asesmen diagnostik SMP1 dan 3 Ungaran berfokus pada kemampuan awal baca tulis al-qur’an. Asesmen diagnostik di SMPN 1 Ungaran dilakukan terpisah pada awal semester sedangkan di SMPN 3 Ungaran dilakukan di awal pergantian materi berdasarkan ayat yang ada di dalamnya. Pembelajaran diferensiasi di kedua satuan pendidikan dilakukan dengan pendampingan kepada siswa yang masih kurang dalam kemampuan baca tulis al-qur’an. Adapun teknisnya di SMPN 1 Ungaran langsung didampingi oleh guru, sedangkan di SMPN 3 Ungaran dengan tutor sebaya terlebih dahulu untuk kemudian dilanjut dengan pendampingan oleh guru. Dalam aspek Pendidikan karakter kedua satuan pendidikan memiliki fokus yang sama pada karakter Beriman dan bertakwa pada Tuhan YME dan Bergotong royong. Selain itu di SMPN 1 Ungaran telah dikembangkan karakter Bernalar Kritis sedangkan SMPN 3 Ungaran dengan karakter Kreatif. Adapun faktor pendukung ada pada program sekolah seperti literasi al-quran yang terjadwal setiap pekan dan in house training. dan faktor penghambat pada karakteristik siswa yang heterogen dengan input siswa SMP 3 Ungaran lebih beragam daripada SMPN 1 Ungaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 15:21
Last Modified: 07 Jul 2023 15:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17423

Actions (login required)

View Item View Item