PENGARUH EARNING MANAGEMENT, STRUKTUR MODAL, DAN KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2019-2021)

wafa, Dinar rifatul (2023) PENGARUH EARNING MANAGEMENT, STRUKTUR MODAL, DAN KONSERVATISME AKUNTANSI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2019-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI DINAR RIFATUL WAFA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh earning manangement, struktur modal, dan konservatisme akuntansi dengan kepemilikan managerial sebagai variabel moderasi. Earning managemen diukur menggunakan model Jones yang dimodifikasi, struktur modal di proksikan dengan Dept to Equity Ratio (DER), konservatisme akuntansi dihitung dengan selisih antara laba bersih dengan arus kas operasional perusahaan dibagi dengan total asset. Nilai perusahaan di proksikan dengan rasio Tobin’s, dan kepemilikan managerial dihitung dengan jumlah kepemilikan saham managemen dibagi dengan jumlah saham beredar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak 159 perusahaan dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 90 sampel dari 30 data perusahaan yang didapat melalui metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan teknik regresi data panel dengan software Eviews versi 8. Hasilnya adalah earning management, struktur modal, dan konservatisme akuntansi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan managerial tidak mampu memoderasi pengaruh earning management, struktur modal, dan konservatisme akuntansi terhadap nilai perusahaan. Kata Kunci: earning management, struktur modal, konservatisme akuntansi, nilai perusahaan, kepemilikan managerial.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 17:01
Last Modified: 07 Jul 2023 17:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17429

Actions (login required)

View Item View Item