Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Melalui Program Boarding School di SMA Al Azhar 30 Salatiga

Chasanah, Aminatun (2023) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Melalui Program Boarding School di SMA Al Azhar 30 Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS AMINATUN-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Chasanah, Aminatun. 2023. Internalisasi Nilai-nilai Karakter Religius Melalui Program Boarding Schooldi SMA IslamAl Azhar 30Salatiga. Tesis: Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Agama Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh.Nursikin, M.S.I. Kata Kunci:Internalisasi, karakter religius,boarding school Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai karakter religius, evaluasi dalam internalisasi nilai-nilai karakter religius serta faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi karakter religius melalui program boarding schooldi SMA IslamAl Azhar 30 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yaitu dengan menekankan pada penggambaran (deskripsi). Penelitian ini memaparkan data yang diperoleh dari hasil penelitian sehubungan dengan pelaksanaan program boarding schooldalam pembinaan moral dan pendidikan karakter religus siswa. Penelitian ini memerlukan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilakukan pengecekan dan validitasnya. Data yang terkumpul diolah dan dianalisa menggunakan analisis deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan kenyataan sesuai dengandata yang diperoleh. Langkah dalam analisis yaitu dengan reduksi (pengumpulan data), display (penyajian data), dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai karakter religius siswasecara garis besar berupa pendidikan akhlak, akidah, dan ibadah. Proses internalisasinya menggunakan beberapa metode yaitu metode pembiasaan, keteladanan, pergaulan, penegak aturan, dan memberikan motivasi. Proses evaluasiinternalisasi ini melalui pengamatan langsung atau observasi terhadap siswa serta melakukan tes sumatif dan tes formatif.Faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam menanamkan karakter religius siswa berasal dari faktor intern yaitu dari siswa sendiri dan faktor ekstern yaitu dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 17:16
Last Modified: 07 Jul 2023 17:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17431

Actions (login required)

View Item View Item