DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MAWARIS BERBASIS FLIP BOOK DAN EDUCANDY MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Sambodo, Pramuditio Lantang (2023) DESAIN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI MAWARIS BERBASIS FLIP BOOK DAN EDUCANDY MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Revisi Pramuditio Lantang Sambodo 23010190457.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Sambodo, Pramuditio, Lantang. 2023. Desain Pengembangan Media Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Materi Mawaris Berbasis Flip book dan Educandy Menggunakan Metode Problem Based Learning. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen pembimbing: Andi Bahtiar Semma, M.Kom. Kata kunci: Flip book; Mawaris; Problem Based Learning Minat siswa dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran PAI mulai menurun seiring dengan perkembangan zaman di era global. Sebagai guru tentunya sudah menjadi tugasnya untuk menggugah minat siswa. Melalui metode dan media yang tepat. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Pada penelitian ini memiliki lima tahapan yaitu, 1) Analisis tentang kebutuhan isi dalam flip book, 2) Desain tampilan media flip book, 3) Pengembangan media flip book dengan uji ahli baik materi maupun media, 4) Tahap pelaksaanaan uji coba media, 5) Evaluasi untu mengukur validitas media baik dari desain maupun materi serta untuk uji efisiensi dan efektivitas. Analisis data kuantitatif dan deskriptif kualitatif digunakan sebagai teknik analisis data pada penelitian ini. Hasil penelitian menghasilkan media flip book yang dilakukan uji validasi ahli materi 92% dan validasi uji ahli media 90% yang menunjukkan keduanya memiliki kriteria “sangat valid”. Kemudian tahap pelaksanaan pada tiga sekolah menegah dilihat dari uji efisiensi dan uji efektifitas. Uji efisiensi dilihat dari hasil angket siswa. Uji efektivitas dengan nilai pretest dan posttest pada ketiga sekolah tersebut. Uji angket kelayakan menunjukkan skor 88%, berdasarkan pada data skala likert berarti menunjukkan kriteria “Sangat Menarik”. Uji efektivitas dilihat dari peningkatan nilai pretest-posttest dan uji N-Gain. Hasil nilai pretest-posttest Pada kelas treatment MAN terlihat nilai mengalami kenaikan 33. Pada kelas kontrol SMK N 2 mengalami kenaikan sebesar 30. Pada kelas kontrol SMK N 3 mengalami kenaikan sebesar 22. Uji N-Gain menunjukkan kriteria sedang pada kelas SMK N 3 yaitu 0.6 dengan kategori “sedang” dan pada kelas SMK N 2 denga kategori “tinggi” yaitu 0.8 serta MAN yaitu 0.9 dengan kategori “tinggi” yang menunjukkan varian hasil tersebut menunjukkan hasil tidak jauh berbeda. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media flip book dengan metode Pembelajaran Berbasis Masalah memberikan pengaruh pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya materi mawaris.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 17:52
Last Modified: 07 Jul 2023 10:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17433

Actions (login required)

View Item View Item