Monitoring berbasis WhatsApp antara guru Pai dan orang tua dalam menanamkan kedisiplinan ibadah sholat lima waktu pada siswa SMA N 1 Lasem

Putri, Fahcrurriza Oktaviana Suyoto (2023) Monitoring berbasis WhatsApp antara guru Pai dan orang tua dalam menanamkan kedisiplinan ibadah sholat lima waktu pada siswa SMA N 1 Lasem. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Full draft TESIS Risa-3.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola monitoring, pelaksanaan, evaluasi dan hambatan serta solusi berkenaan dengan monitoring berbasis Whatsapp antara guru PAI dan Oreng tua dalam menanamkan kedisiplinan ibadah sholat lima waktu pada siswa SMA N 1 Lasem. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, orang tua siswa dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di SMA N 1 Lasem dan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, orang tua dan peserta didik. Sumber sekunder didapat dari data hasil laporan kedisiplinan sholat lima waktu oleh orang tua peserta didik SMA N 1 Lasem. Adapun hasil penelitian tetang Monitoring berbasis whatsapp antara guru PAI dan orang tua dalam menanamkan kedisiplinan ibadah sholat lima waktu pada siswa SMA N 1 Lasem meliputi: 1) Pola monitoring yang terdiri dari a) Perencanaan Pembuatan program monitoring ibadah sholat lima waktu oleh guru PAI, b) Tahap Konsultasi hasil perencanaan dengan kepala sekolah, dan c) Tahap Realisasi Setelah kepala SMA N 1 Lasem menyetujui program tersebut, kepala SMA N 1 Lasem meminta guru PAI untuk membicarakan pada pertemuan wali murid. 2) Pelaksanaan monitoring berbasis Whatsapp antara guru PAI dan orang tua dalam penanaman kedisiplinan ibadah sholat lima waktu dilaksanakan dengan cara guru PAI mengirimkan chat via WhatsApp kepada orang tua siswa SMA N 1 Lasem berupa laporan kedisiplinan sholat lima waktu setiap harinya, yang diisi oleh orang tua dengan memberi checklist atau tanda centang pada tiap daftar sholat yang telah dilakukannya dengan bukti adanya tanda tangan orang tua. 3) Evaluasi pelaksanaan monitoring berbasis whatsapp antara guru PAI dan orang tua dalam menanamkan kedisiplinan ibadah sholat lima waktu diantaranya a) Orang tua siswa tidak memiliki Smartphone dan tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp. b) Not Responding Chat via WhatsApp dari guru PAI. Adapun solusinya yaitu a) Menyampaikan pesan kepada orang tua lewat siswa/anaknya. b) Home Visit. Kata Kunci: Monitoring berbasis whatsapp, Kedisiplinan, Ibadah Sholat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 20:52
Last Modified: 07 Jul 2023 20:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item View Item