PENGARUH E-MONEY, LITERASI KEUANGAN, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Pondok Pesantren Darul Muqorrobin Kendal)

Burhanuddin, Nur (2023) PENGARUH E-MONEY, LITERASI KEUANGAN, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Pondok Pesantren Darul Muqorrobin Kendal). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS NUR BURHANUDDIN_12030210023.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku konsumtif yang terjadi pada konsumen irasional terjadi pada lingkungan Pondok Pesantren. Penggunaan E-money dalam melakukan segala transaksi, kurangnya literasi keuangan bagi santri, dan ekonomi orang tua yang mayoritas menengah keatas menjadi faktor terkuat dalam mempengaruhi santri untuk berperilaku konsumtif. Hal tersebut yang terjadi pada Santri Darul Muqorrobin, maka dengan itu tujuan daripada penelitian ini yaitu untuk mencari Pengaruh E-Money, Literasi Keuangan, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Santri dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Mix Method, fase 1 pendekatan kualitatif dengan wawancara dan observasi, fase 2 pendekatan kuantitatif dengan kuesioner. Sampel yang di ambil pada fase 1 yaitu 12 responden dengan teknik sampling purposive, kemudian sampel yang di ambil pada fase 2 yaitu 100 responden dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik. Serta menggunakan uji moderated regression analysis (MRA) untuk menguji variabel moderating dan uji statistik melalui uji Ttest, uji F serta koefisien determinan (R2). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif. Pada uji Ttest menunjukkan E-money berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif, literasi keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku konsumtif, dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif. kemudian hasil uji MRA menunjukkan bahwa religiusitas tidap dapat memoderasi pengaruh E-money, literasi keunagan, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif. Kata kunci: E-money, literasi keunagan, status sosial ekonomi orang tua, religiusitas, perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2023 21:35
Last Modified: 07 Jul 2023 21:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item View Item