STRATEGI PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA PENYANDANG TUNANETRA DI SLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Hanifah, Fiqha Auliya (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA PENYANDANG TUNANETRA DI SLB NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FIQHA AULIYA HANIFAH 23010190221.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui: 1) mendeskripsikan strategi pembelajaran PAI bagi siswa penyandang tunanetra di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023, 2) mendeskripsikan strategi evaluasi PAI bagi siswa penyandang tunanetra di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023, 3) mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pembelajaran dan evaluasi PAI bagi siswa penyandang tunanetra di SLB Negeri Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu sumber data primer berupa hasil observasi dan wawancara bersama guru PAI, wakil kepala bagian kurikulum dan siswa penyandang tunanetra di SLB Negeri Salatiga; serta sumber data sekunder berupa dokumen yang terkait dengan topik penelitian. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dipahami bahwa 1) strategi pembelajaran yang diterapkan pada mata pelajaran PAI bagi siswa penyandang tunanetra di SLB Negeri Salatiga ialah strategi pembelajaran langsung dengan pendekatan student centered. 2) Pada teknik evaluasi digunakan teknik tes berupa pre-test, post-test, tes sumatif, dan tes formatif, serta teknik non-tes berupa tes observasi. 3) Beberapa faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran PAI bagi siswa penyandang tunanetra di SLB Negeri Salatiga, yang menjadi faktor pendukung ialah sarana prasarana yang memadai, materi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa, serta motivasi belajar yang tinggi, sedangkan faktor penghambatnya terletak pada lingkungan yang kurang mendukung dan keterbatasan siswa dalam memvisualisasikan materi pelajaran. Terdapat pula faktor-faktor yang mempengaruhi evaluasi PAI bagi siswa penyandang tunanetra, faktor pendukungnya ialah sarana prasarana yang memadai serta kemajuan teknologi, sedangkan faktor penghambatnya ialah perbedaan kondisi masing-masing siswa

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 15:09
Last Modified: 10 Jul 2023 08:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item