PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI NIFAQ MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA MOCK UP PADA SISWA KELAS VII B DI MTS TARQIYATUL HIMMAH KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG

nisa, Avifatun (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI NIFAQ MELALUI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA MOCK UP PADA SISWA KELAS VII B DI MTS TARQIYATUL HIMMAH KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AVIFATUN NISA 23010190301.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nisa, Avifatun. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Materi Nifaq Melalui Metode Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Mock Up Pada Siswa Kelas VII B MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Numbered Heads Together (NHT), Mock Up. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Aqidah Akhlak materi nifaq melalui metode Numbered Heads Together (NHT) dengan media mock up pada siswa kelas VII B MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menerapkan 2 siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Kemudian dianalisis menggunakan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Numbered Heads Together (NHT) dengan media mock up dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi nifaq pada siswa kelas VII B MTs Tarqiyatul Himmah Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dari peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kegiatan pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 2 siswa atau 9,5%, meningkat pada kegiatan siklus I sebanyak 12 siswa atau 57%, dan meningkat pula pada kegiatan siklus II menjadi 18 siswa atau 85,7%. Sedangkan siswa yang tidak tuntas juga menurun dari kegiatan pra siklus sebanyak 19 siswa atau 90,5% menurun pada kegiatan siklus I sebanyak 9 siswa atau 42,8% menurun lagi pada kegiatan siklus II sebanyak 3 siswa atau 19,0%. Dengan presentase ketuntasan 85,7% pada siklus II telah melampaui indikator secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. Maka pada kegiatan siklus II ini dikatakan berhasil dengan menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT) dengan media mock up pada materi nifaq.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 16:14
Last Modified: 10 Jul 2023 16:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17460

Actions (login required)

View Item View Item