PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN PADA SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMP (Studi Kasus di SLB Negeri Kota Magelang Tahun 2023)

, Khoirotun Nisak (2023) PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN PADA SISWA TUNAGRAHITA JENJANG SMP (Studi Kasus di SLB Negeri Kota Magelang Tahun 2023). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
KHOIROTUN NISAK 23010190198.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nisak, Khoirotun. 2023. Pembinaan Pendidikan Karakter Religius dan Kemandirian Pada Siswa Tunagrahita Jenjang SMP (Studi Kasus di SLB Negeri Kota Magelang Tahun 2023). Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Oktio Franki Biantoro, M.Pd.I Kata kunci: Pembinaan; Pendidikan Karakter Religius; Pendidikan Karakter Kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pembinaan pendidikan karakter religius pada siswa tunagrahita jenjang SMP (2) Pembinaan pendidikan karakter kemandirian pada siswa tunagrahita jenjang SMP (3) Implikasi pembinaan pendidikan karakter religius dan kemandirian pada siswa tunagrahita jenjang SMP di SLB Negeri Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui wawancara baku terbuka, observasi atau pengamatan terbuka, dan dokumentasi yaitu dokumen pribadi dan resmi. Analisis data yang digunakan adalah model miles dan Huberman. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa di SLB Negeri Kota Magelang: (1) Pembinaan pendidikan karakter religius pada siswa tunagrahita jenjang SMP melalui pembelajaran, pembiasaan sekolah, pembiasaan kelas, keteladanan guru, dan toleransi dalam beribadah, (2)Pembinaan pendidikan karakter kemandirian pada siswa tunagrahita jenjang SMP melalui pembelajaran program khusus, ekstrakurikuler, dan kegiatan pembiasaan, (3)Implikasi pembinaan pendidikan karakter religius pada aspek keimanan, ketaqwaan, dan akhlak siswa. Implikasi pembinaan pendidikan karakter kemandirian motivasi dan prestasi belajar siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 16:18
Last Modified: 10 Jul 2023 16:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item