PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI FIKSI NONFIKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS VB MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

nurngaini, titi (2023) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MENGGUNAKAN MEDIA MONOPOLI FIKSI NONFIKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS VB MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
TITI NURNGAINI 23040190061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurngaini, Titi. 2023. Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Media Monopoli Fiksi Nonfiksi Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga Pembimbing: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata kunci: model pembelajaran cooperative script, monopoli fiksi nonfiksi, dan keterampilan menyimak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran cooperative script menggunakan media monopoli fiksi nonfiksi dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas melalui pra siklus dan dua siklus. Peneliti menggunakan model pembelajaran cooperative script dan media monopoli fiksi nonfiksi. Langkah-langkah penelitian diantaranya, planning, acting, observing, reflecting. Instrumen yang digunakan ialah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi guru, lembar observasi siswa, soal tes, materi teks fiksi dan nonfiksi, media monopoli fiksi nonfiksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB yang berjumlah 16 siswa (12 siswa laki-laki) dan (4siswa perempuan). Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Menganalisis data menggunakan ketuntasan klasikal 85% dari jumlah keseluruhan peserta didik yang tuntas siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative script menggunakan media monopoli fiksi nonfiksi dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes evaluasi siswa pra siklus mencapai ketuntasan 6,25% dengan rata-rata 26,25, pada siklus I mencapai 18,75% dengan rata-rata 37,5, dan siklus II mencapai 93,33% dengan rata-rata 94,67. Pencapaian hasil belajar pada siklus II menunjukkan bahwa tujuan dari kriteria ketuntasan klasikal dan indikator keberhasilan mencapai 93,33% telah memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 85% dari jumlah keseluruhan siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 16:27
Last Modified: 10 Jul 2023 16:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17462

Actions (login required)

View Item View Item