ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN ZAKAT PRODUKTIF DAN PERAN PENDAMPINGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DENGAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MUSTAHIK BAZNAS KOTA SALATIGA)

Andrean, David (2023) ANALISIS PENGARUH PEMBERIAN ZAKAT PRODUKTIF DAN PERAN PENDAMPINGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DENGAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MUSTAHIK BAZNAS KOTA SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FULL SCAN ANALISIS PENGARUH ZAKAT PRODUKTIF DAN PERAN PENDAMPINGAN TERHADAP KESEJAHTERAAN MUSTAHIK DENGAN PERTUMBUHAN USAHA MIKRO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING - Copy.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari zakat produktif dan peran pendampingan terhadap kesejahteraan mustahik melalui pertumbuhan usaha mikro sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial Least Square). Sampel yang digunakan merupakan penerima bantuan zakat produktif atau mustahik dari BAZNAS Salatiga sebanyak 100 mustahik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zakat produktif dan pertumbuhan usaha mikro berpengaruh positif signifikan terhadap kesejahteraan mustahik, sedangkan peran pendampingan tidak memiliki pengaruh terhadap kesejahteraan mustahik. Kemudian zakat produktif dan peran pendampingan memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan usaha mikro. Pertumbuhan usaha mikro sebagai variabel mediasi juga memiliki pengaruh dalam memediasi zakat produktif dan peran pendampingan terhadap kesejahteraan mustahik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 17:02
Last Modified: 04 Aug 2023 13:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17470

Actions (login required)

View Item View Item