EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PAKIS TAHUN AJARAN 2022/2023

Shofiani, (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PAKIS TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FIKS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Shofiani. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulai PhET pada Materi Getaran dan Gelombang dalam Kehidupan Sehari-hari terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Pakis Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, M.Pd. Kata Kunci: Simulasi PhET, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan simulasi PhET terhadap hasil belajar, dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan simulasi PhET pada materi getaran dan gelombang dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian true eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling, di mana kelas VIII B dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelompok kontrol. Jumlah siswa dalam kelompok eksperimen adalah 28 siswa, sedangkan dalam kelompok kontrol terdapat 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan penggunaan soal, angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian meliputi soal, angket, dan lembar observasi. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji T. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan simulasi PhET dalam pembelajaran sangat membantu dalam proses pembelajaran siswa. Lembar observasi menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET berjalan dengan baik, dengan 23 siswa mendapatkan predikat sangat baik dan 5 siswa mendapatkan predikat baik. Hasil uji T menggunakan paired sample test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000, yang kurang dari 0,05. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET efektif terhadap hasil belajar siswa. Lembar angket respon siswa menunjukkan bahwa 7,15% siswa di kelas eksperimen mendapatkan predikat rendah, 14,28% siswa mendapatkan predikat sedang, 71,42% siswa mendapatkan predikat tinggi, dan 7,15% siswa mendapatkan predikat sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa merespons positif terhadap pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbantuan simulasi PhET efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pakis.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 17:16
Last Modified: 10 Jul 2023 14:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17472

Actions (login required)

View Item View Item