TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KELUARGA YANG BERPROFESI SEBAGAI PEMANDU KARAOKE DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DUSUN JUNGGUL KELURAHAN BANDUNGAN)

saifurridho, Awab (2023) TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK KELUARGA YANG BERPROFESI SEBAGAI PEMANDU KARAOKE DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS DI DUSUN JUNGGUL KELURAHAN BANDUNGAN). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
WISUDA SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Tinjauan Sosiologi Hukum Islam, Mewujudkan Keluarga Sakinah, Pemandu Karaoke. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana praktik keluarga yang berprofesi sebagai pemandu karaoke dalam mewujudkan keluarga sakinah, dan mengetahui Faktor apa saja yang melatar belakangi seorang perempuan yang sudah bersuami rela menjadi pemandu karaoke di Dusun Junggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Subjek dan lokasi dalam penelitian ini adalah di Dusun Junggul Kelurahan Bandungan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, dalam keluarga dengan istri berprofesi sebagai pemandu karaoke sudah berupaya dan berusaha dalam mewujudkan keluarga sakinah. Seorang suami membimbing dan mengarahkan sang istri untuk taat dalam beragama, seorang suami dan istri dapat menjaga harkat dan martabat keduanya, serta dapat menciptakan keluarga yang damai serta dapat menjaga keutuhan rumah tangga dengan cara setia pada pasangan masing-masing. Latar belakang yang membuat seorang pemandu karaoke yang sudah mempunyai keluarga tetapi masih menekuni pekerjaan tersebut juga biasanya karena desakan faktor ekonomi ataupun karena hanya memikirkan nafsu duniawi saja. Sebab siapa saja yang tidak tergiur dengan pekerjaan tersebut ketika ada keterdesakan ekonomi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 17:22
Last Modified: 10 Jul 2023 17:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17473

Actions (login required)

View Item View Item