EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Sari, Tasya Luthfita (2023) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA KELAS VIII SMPN 2 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Tasya Luthfita Sari (23070190001).pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui apakah problem based learning dengan open ended efektif terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII SMP N 2 tengaran Kabupaten Semarang tahun ajaran 2022/2023 pada materi statistik. Yang melatar belakangi penelitian ini yaitu bahwa banyak siswa yang lemah dalam menyelesaikan permasalahan serta masih banyaknya siswa yang kurang memahami pembelajaran matematika. Penelitian ini tergolong dalam penelitian eksperimen (eksperimen semu). Yang memiliki desain penelitian nonequivalent group. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Siswa kelas VIII C yang berjumlah 33 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D yang berjumlah 30 sebagai kelas kontrol. Dan pada penelitian ini terdapat instrumen yang dipakai dalam mencari dan mendapatkan data menggunakan tes serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari teknik pengujian prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas serta pengujian hipotesis yang menggunakan Uji N-Gain serta Uji independent sample test. Indikator yang dikenakan pada penelitian ini yaitu decomposition, abstraction, pattern recognition, algorithm, serta evaluation yang dipakai untuk mengukur kemampuan berpikir komputasional siswa. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini mendapatkan nilai rata-rata yang meningkat dari pretest serta posttest pada kelas eksperimen dengan kenaikan sebesar 21,36%. Serta Pada Kelas Kontrol nilai rata-rata yang didapatkan dari pretest serta posttest juga mengalami kenaikan sebesar 8,87%. Dan juga adanya perbedaan yang sangat signifikan dari nilai rata-rata kedua kelas yang didapatkan dengan menggunakan uji independent sample test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0, 00 < 0, 05. Dan dapat disimpulkan bahwa problem based learning dengan open ended efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional siswa kelas VIII SMP N 2 tengaran Kabupaten Semarang tahun 2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 17:34
Last Modified: 10 Jul 2023 17:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17475

Actions (login required)

View Item View Item