PERAN TINGKAT RELIGIUSITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH CITRA LEMBAGA, TRANSPARANSI, DAN LITERASI ZAKAT TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KOTA MAGELANG

PRATIWI, DIAH (2023) PERAN TINGKAT RELIGIUSITAS DALAM MEMODERASI PENGARUH CITRA LEMBAGA, TRANSPARANSI, DAN LITERASI ZAKAT TERHADAP MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT DI BAZNAS KOTA MAGELANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI Diah Pratiwi_63020190010_Ekonomi Syariah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pratiwi, Diah. 2023. Peran Tingkat Religiusitas Dalam Memoderasi Pengaruh Citra Lembaga, Transparansi, Dan Literasi Zakat Terhadap Minat Masyarakat Membayar Zakat Di BAZNAS Kota Magelang. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah S-1 Ekonomi Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Ari Setiawan, M.M. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tingkat religiusitas dalam memoderasi pengaruh citra lembaga, transparansi, dan literasi zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan mengetahui seberapa besar minat masyarakat dalam membayar zakat di BAZNAS Kota Magelang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat di 3 kecamtan Kota Magelang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis Eviews versi 9. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik,uji statistik melalui uji T, uji F, uji R Square, dan uji analisis moderasi dengan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil uji T menunjukkan bahwa citra lembaga, transparansi, dan literasi zakat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat membayar zakat. Tingkat religiusitas tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat membayar zakat. Hasil uji Regresi Moderasi (MRA) menunjukkan bahwa tingkat religisuitas tidak memoderasi pengaruh citra lembaga, transparansi, dan literasi zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat. Sehingga tingginya tingkat keagaaman setiap individu belum mampu menjadi faktor penguat yang mampu mempengaruhi variabel citra lembaga, transparansi, dan literasi zakat terhadap minat masyarakat membayar zakat. Kata kunci: Tingkat Religiusitas, Citra Lembaga, Transparansi, Literasi Zakat, Minat.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 19:37
Last Modified: 10 Jul 2023 19:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item View Item