FITRIANI, SALSA ARUM (2023) PEMBINAAN UKHUWAH ISLAMIYAH DAN KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Salsa Arum Fitriani-010-PAI-Skripsi Salsa.pdf Download (3MB) |
|
Text
SKRIPSI SALSA 23010190010.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pembinaan ukhuwah islamiyah pada siswa SMA Negeri 1 Susukan Tahun Ajaran 2022/2023, mendiskripsikan pembinaan kemandirian pada pesertadidik SMA Negeri 1 Susukan Tahun Ajaran 2022/2023 sertamendiskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat pembinaan ukhuwah islamiyah dan kemandirian pada siswa SMA Negeri 1 Susukan Tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif.” Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, sumber data yang dikumpulkan oleh penulis berupa data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini adalah hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi dari lapangan. Sumber data sekunder dari penelitian ini berupa arsip, dokumentasi, buku, jurnal, atau karya ilmiah yang berkaitan dengan pembinaan ukhuwah islamiyah dan kemandirian. yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yang dibedakan menjadi triangulasi sumber dan triangulasi metode.” “Hasil penelitian ini berupa, proses pembinaan yang dilakukan menggunakan prinsip manajemen yang terstruktur. Bahwasannya pembinaan yang dilaksanakan dalam menanamkan ukhuwah islamiyah dan kemandirian pada peserta didik SMA N 1 Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang yakni dengan menanamkan ukhuwah ubudiyah, ukhuwah insaniyah atau basyariah, ukhuwah wathaniyyah wa an-nasab, dan ukhuwah fi din al-islamdenganmenggunakan beberapa tahapan yaitudengan pemberian contoh dan keteladanan, pendekatan antar individu, pengawasan, pemberian hukuman, pemberian hadiah(reward), penyadaran,Sedangkan bentuk kemandirian diantaranya terdapat kemandirian emosional (emotional autonomy), kemandirian tingkah laku (behavioral autonomy), dan kemandirian nilai (value autonomy), upaya yang dilakukan oleh lembaga sekolah antara lain, dengan menyisipkan pendidikan karakter, pengadaan kegiatan ekstrakurikuler, menerapkan aturan (tata tertib) dan pemberian motivasi. SMA N 1 Susukan mampu membiasakan kebiasaan-kebiasaan luhur, seperti saling menjaga hubungan persaudaraan antar sesama dan dan melatih kemandirian pada setiap pribadi peserta didik di setiap harinya.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 20:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 20:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17498 |
Actions (login required)
View Item |