PENGARUH BELANJA MODAL, PENDIDIKAN, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2017-2021

Utami, Andika Cahyani (2023) PENGARUH BELANJA MODAL, PENDIDIKAN, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DENGAN ZAKAT SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2017-2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Full Skripsi_ Andika Cahyani Utami_ (63020190146)-ES.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui seberapa kuat Pengaruh Belanja Modal, Pendidikan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan Zakat Sebagai Variabel Moderating di Provinsi Jawa Tengah Periode 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengolah data sekunder yang diperoleh melalui publikasi pada website BPS, Kemenkeu dan laporan BAZNAS Jateng. Data yang dipakai ialah data panel yaitu gabungan data time series dari 2017-2021 dan data cross section sebanyak 29 kabupaten dan 6 kota di Provinsi Jawa Tengah dengan teknik sampling jenuh. Kemudian hasil yang diperoleh diolah dengan teknik Moderated Regression Analysis menggunakan EViews 9 dengan model regresi terpilih adalah fixed effect. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan hasil bahwa secara simultan belanja modal, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM. Kemudian zakat secara parsial mampu memoderasi Pendidikan terhadap IPM, namun zakat tidak dapat memoderasi belanja modal dan pertumbuhan ekonomi terhadap IPM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 20:50
Last Modified: 02 Aug 2023 11:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17504

Actions (login required)

View Item View Item