IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MAHMUDAH DAN KREATIVITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN QORYATUSSALAM SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023

, Munawaroh Nuria Rahman (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MAHMUDAH DAN KREATIVITAS SANTRI DI PONDOK PESANTREN QORYATUSSALAM SRAGEN TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI-Munawaroh Nuria Rahman_23010190035.pdf

Download (6MB)

Abstract

Munawaroh Nuria Rahman. 2023. Implementasi Pendidikan Akhlak Mahmudah dan Kreativitas Santri di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Muhammad Mas'ud M.Pd.I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi pendidikan akhlak mahmudah di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen tahun ajaran 2022/2023, (2) implementasi kreativitas santri di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen tahun ajaran 2022/2023, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan akhlak mahmudah dan kreativitas santri di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen tahun ajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Sumber primer yang diperoleh peneliti adalah hasil wawancara dengan pengasuh pondok pesantren, asatidz yang bertanggung jawab di bidang tahfidz, asatidz yang bertanggungjawab di bidang entrepreneur dan 3 santri Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen. Sumber sekunder yang diperoleh peneliti berupa dokumen- dokumen yang berkaitan dengan pendidikan akhlak mahmudah dan kreativitas santri. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Implementasi pendidikan akhlak mahmudah di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen menggunakan metode formal, informal, hukuman, praktek dan pembiasaan. Kurikulum yang digunakan berbasis entrepreneurship. (2) Implementasi pendidikan kreativitas santri di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen menggunakan metode teori dan metode praktek. (3) Faktor Pendukung dalam implementasi pendidikan akhlak mahmudah dan kreativitas santri di Pondok Pesantren Qoryatussalam Sragen yaitu dukungan dari asatidz, pengurus, orang tua, masyarakat sekitar, kemudian lingkungan pondok, jaringan yang luas dan fasilitas yang diberikan pondok. Faktor penghambatnya yaitu background asatidz yang terkadang berbeda dengan pelajaran entrepreneur yang mereka ampu sehingga terkendala waktu, karena tidak semua asatidz memiliki daya tangkap yang cepat sesuai harapan pondok, emosional santri. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan, Akhlak Mahmudah, Kreativitas

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Jul 2023 21:34
Last Modified: 10 Jul 2023 21:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item View Item