Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas V MI Pabelan Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023

mufidah, ismi (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas V MI Pabelan Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ISMI_MUFIDAH_23040190020_(1)[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Mufidah, Ismi. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Karakteristik Geografis Indonesia Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Media Mind Mapping Pada Siswa Kelas V MI Pabelan Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Problem Based Learning, Media Mind Mapping Dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan media Mind Mapping, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V MI Pabelan Kecamatan Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Problem Based Learning dengan media Mind Mapping. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 13 putra dan 19 putri. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, pengamatan dan dokumentasi. Tes tertulis disediakan untuk mengetahui hasil belajar siswa tentang karakteristik geografis Indonesia. Adapun data dianalisis dengan menggunakan presentase ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar IPS dari pra siklus, siklus I dan siklus II dengan KKM 65. Jumlah siswa kelas V MI Pabelan Kecamatan Pabelan sebanyak 32 siswa. Peningkatan hasil belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II adalah sebagai berikut, dengan jumlah siswa kelas V MI Pabelan Kecamatan Pabelan sebanyak 32 siswa dengan KKM 65 pada mata pelajaran IPS. Pada kegiatan pra siklus hasil belajar siswa masih rendah dikarenakan oleh siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, dengan nilai rata-rata kelas 69,78. Maka dengan adanya kondisi tersebut perlu adanya tindak lanjut pada siklus-siklus berikutnya. Pada siklus I terdapat 21 siswa (66%) yang tuntas, sedangkan yang 11 siswa (34%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 73,28. Dan pada siklus II terdapat 28 siswa (88%) yang tuntas, sedangkan 4 siswa (12%) belum tuntas dengan nilai rata-rata 76,56.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 01:22
Last Modified: 11 Jul 2023 01:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17518

Actions (login required)

View Item View Item