PENGARUH PENGGUNAAN METODE MENDONGENG DENGAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JUWANA TAHUN AJARAN 2022/2023

Sari, Wahyu Puspita (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MENDONGENG DENGAN BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN JUWANA TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
WAHYU PUSPITA SARI 23040190019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sari, Wahyu Puspita. 2023. "Pengaruh Penggunaan Metode Mendongeng Dengan Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Juwana Tahun Ajaran 2022/2023". Skripsi. Salatiga. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Suwardi, M.Pd. Kata Kunci: Metode Mendongeng, Boneka Tangan, Keterampilan Menyimak Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh penggunaan metode mendongeng dengan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar di kecamatan Juwana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Eksperimen ini pengembangan dari true experimental. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu boneka tangan dan variabel dependen yaitu keterampilan menyimak pada siswa sekolah dasar di kecamatan Juwana. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah dasar negeri di kecamatan Juwana. Dan sampel penelitian ini adalah siswa SD N Bakaran Kulon 03 dan SD N Genengmulyo 02. Instrumen penelitian ini berupa tes. Dan analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media boneka tangan berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dongeng siswa sekolah dasar di kecamatan Juwana. Hal ini terlihat dari hasil uji t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung (2,111) > t tabel (1,076) dan nilai sig. (0,294) < 0,05. Nilai t hitung > t tabel atau sig < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan menyimak dongeng kedua kelompok. Hal ini diperkuat dengan adanya perbedaan perbedaan nilai rata-rata (mean) setelah dilakukan uji coba terhadap hasil belajar menyimak dongeng siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media boneka tangan dalam menyimak mendapatkan nilai rata-rata sebesar 89,41, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan media visual memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,45. Hasil uji regresi t hitung 3,231 dan t tabel 2,056. Dan nilai r square sebesar 0,287.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:55
Last Modified: 10 Jul 2023 20:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item View Item