EFEKTIVITAS PENERAPAN INQUIRY LESSON BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA POKOK BAHASAN INDRA PENGLIHATAN DAN ALAT OPTIK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nugroho, Hadid Ady (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN INQUIRY LESSON BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA POKOK BAHASAN INDRA PENGLIHATAN DAN ALAT OPTIK BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
HADID ADY NUGROHO 23060190027 (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan Inquiry Lesson berbantuan simulasi PhET, mengetahui kefektifan model Inquiry Lesson berbantuan simulasi PhET, dan mengetahui respon dari siswa dengan pembelajaran menggunakan model Inquiry Lesson berbantuan simulasi PhET. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design dan didasarkan pada metode penelitian true experimen. Cluster random sampling digunakan untuk pengambilan sampel, dengan 30 siswa per kelas dari kelas VIII C (kelas eksperimen) dan VIII D (kelas kontrol) SMP N 9 Salatiga. Prosedur pengumpulan data penelitian menggunakan soal, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Pengujian data diakhiri dengan uji-t. Penerapan model Inquiry Lesson berbantuan simulasi PhET pada materi indra penglihatan dan alat optik terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dikatakan berhasil dan terlaksana dengan persentase keterlaksanaan 92,8% dengan kriteria sangat baik. Efektivitas penerapan Inquiry Lesson berbantuan PhET Simulation efektif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada pokok bahasan indera penglihatan dan alat optik dengan hasil uji t-test yaitu: nilai thitung (3,206) > ttabel (2,048) dan P value (0,002) < 0,05. Respon penerapan Inquiry Lesson berbantuan PhET Simulation terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) bisa dilihat dari hasil angket yang berupa pernyataan atau pertanyaan untuk siswa setelah diberikan pembelajaran. Hasil angket menyatakan bahwa nilai rata-rata yang dihasilkan adalah 80,43. Dengan demikian model pembelajaran Inquiry Lesson berbantuan simulasi PhET mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:55
Last Modified: 10 Jul 2023 22:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17524

Actions (login required)

View Item View Item