EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PDEODE BERPENDEKATAN SOIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS PADA POKOK BAHASAN PENGARUH MANUSIA TERHADAP EKOSISTEM BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kartikasari, Cut Dinna Puspa (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PDEODE BERPENDEKATAN SOIO SCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALITIS PADA POKOK BAHASAN PENGARUH MANUSIA TERHADAP EKOSISTEM BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI CUT DINNA PUSPA.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Kartikasari, Cut Dinna Puspa. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran PDEODE Berpendekatan Socio Scientific Issues (SSI) terhadap Keterampilan Berpikir Analitis pada Pokok Bahasan Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model PDEODE; Socio Scientific Issues (SSI); Berpikir Analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, efektivitas dan respon siswa menggunakan model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI terhadap keterampilan berpikir analitis pada pokok bahasan pengaruh manusia terhadap ekosistem bagi siswa kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experimental design menggunakan desain pretest – posttest control grup design. Penelitian ini melibatkan semua siswa di kelas VII SMP Negeri 4 Salatiga dan diambil dua sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Variabel bebas adalah model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI, dan variabel terikat adalah keterampilan berpikir analitis. Pengumpulan data menggunakan data tes dan non tes. Data tes berupa soal pilihan ganda yang diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda menggunakan program SPSS 25.0. Data non tes berupa angket dan lembar observasi siswa yang sudah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lembar penilaian sikap siswa kelas kontrol mendapatkan persentase 94% dan 96% pada kelas eksperimen, pada angket respon mendapatkan persentase sebesar 86% dan pada soal tes mendapatkan nilai thitung (-2,154) dan ttabel (2,001). Dikarenakan skor thitung = merupakan skor mutlak, maka thitung > ttabel. Dengan (Pvalue 0,035<0,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, maka kesimpulannya adalah penggunaan model pembelajaran PDEODE berpendekatan SSI mampu meningkatkan sikap bernalar kritis, berpikir analitis, minat belajar, rasa percaya diri dan pemahaman materi sehingga efektif terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Salatiga pada pokok bahasan pengaruh manusia terhadap ekosistem pada tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 13:26
Last Modified: 11 Jul 2023 13:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item