LIRIK LAGU TAṢNAʻU AL-MUSTAḤĪL YANG DIPOPULERKAN OLEH HAMZA NAMIRA DAN HUMOOD AL-KHUDHER ( ANALISIS SEMIOTIKA RIFFATERRE )

munawaroh, Elisatun (2023) LIRIK LAGU TAṢNAʻU AL-MUSTAḤĪL YANG DIPOPULERKAN OLEH HAMZA NAMIRA DAN HUMOOD AL-KHUDHER ( ANALISIS SEMIOTIKA RIFFATERRE ). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Elisatun Munawaroh.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lirik lagu Taṣnaʻu Al-Mustaḥīl yang dipopulerkan oleh Hamza Namira dan Humood Al-Khudher merupakan lagu yang lirik-liriknya mengandung bait-bait yang penuh makna di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang makna yang terkandung dalam lirik lagu Taṣnaʻu Al-Mustaḥīl menggunakan semiotika Riffaterre. Adapun tahapan dalam semiotika Riffaterre yaitu untuk mengetahui: ketidaklangsungan ekspresi, matriks, model dan varian, serta hipogram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika Riffaterre. Semiotika Riffaterre digunakan karena lirik lagu tersebut sangat puitis dan mengandung tanda-tanda semiotik. Hasil dari penelitian ini ditemukan ketidaklangsungan ekspresi berupa: a) penggantian arti ditemukan majas hiperbola dan majas simile; b) penyimpangan arti ditemukan ambiguitas; c) penciptaan arti ditemukan rima, tipografi dan enjambement. Matriks pada penelitian ini adalah cara untuk mencapai hal yang mustahil. Adapun modelnya adalah motivasi untuk bangkit dalam hidup dan semangat untuk mencapai hal-hal baru yang terasa mustahil. Varian-varian menyebar ke seluruh bait dari lirik lagu. Hipogramnya berupa hipogram aktual yang terdapat kesaman pada Q.S. Al-Ankabut ayat 69, Q.S Ar-Ra’du ayat 11, dalam hadis sahih muslim dan dalam mahfuzat bahasa Arab. Kata Kunci : Lirik lagu Taṣnaʻu Al-Mustaḥīl, Semiotika Riffaterre, Matriks, Model, Varian.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Bahasa
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 16:42
Last Modified: 11 Jul 2023 16:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item