PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH AMPLAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA GUYANGAN KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA

Rita, Dwi Nur Ana (2023) PERAN GANDA PEREMPUAN BURUH AMPLAS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA GUYANGAN KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rita, Dwi Nur Ana. 2022. Peran Ganda Perempuan Buruh Amplas dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Tahun 2022. Skripsi, Salatiga. Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Sri Suparwi, M.A. Kata Kunci : Peran Ganda Perempuan, buruh, dan Kesejahteraan Keluarga. ​Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui peran ganda perempuan buruh amplas dalam meningkatkan kesejahteraan di Desa Guyangan Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, (2) untuk menjawab mengenai dampak yang dihasilkan dengan adanya peran ganda yang diambil oleh perempuan buruh amplas terhadap keluarga dan masyarakat lingkungan sekitar. ​Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dari perempuan buruh amplas yang memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga dan pekerja. Serta untuk sumber data sekunder yakni foto-foto, dan data pemerintah Desa Guyangan. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. ​Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran ganda yang diambil oleh perempuan buruh amplas di Desa Guyangan menempatkan mereka pada dua peranan yaitu peran domestic sebagai ibu rumah tangga dan peran public sebagai makhluk social dan pekerja. Peran ganda yang dijalankan mampu meningkatkan kesejahteraan dengan meningkatnya pendapatan keluarga sehingga tercukupinya kebutuhan dalam rumah tangga. (2) keputusan perempuan buruh amplas dalam mengambil peran tentunya memiliki dampak bagi kehidupan mereka, baik itu dampak positif maupun negatif. Dampak positif yang dapat dilihat yaitu bertambahnya pendapatan keluarga sehingga mampu mampu mencukupi kelangsungan hidup dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari seperti kebutuhan sandang, pangan, dan kesehatan bagi keluarga, serta dapat membantu biaya pendidikan sekolah anak sehingga dapat meningkatkan status keluarga, dan mampu mengurangi kemiskinan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan dampak negatif yaitu berkurangnya waktu, perhatian, dan kasih sayang terhadap anak, sehingga pergaulan dan pendidikan dasar pada anak tidak dapat terlaksana semaksimal mungkin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 16:51
Last Modified: 11 Jul 2023 16:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item View Item