IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PATRIOTISME DI SMK SYUBBANUL WATHON KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Tyas, Wahyuning (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN PATRIOTISME DI SMK SYUBBANUL WATHON KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Wahyuning Tyas_23010190071_Bismillah (1) (3)-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wahyuning Tyas.2023. Implementasi Pendidikan Karakter Religius dan Patriotisme di SMK Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Siti Rukhayati, M. Ag. Kata Kunci: implementasi, Pendidikan karakter, karakter religius, karakter patriotisme. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius dan patriotisme di SMK Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. 2) Untuk mengetahui implementasi faktor pendukung di SMK Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pendidikan karakter religius dan patriotisme di SMK Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui teknik pengumpulan data metode wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik kuesioner/angket, data yang telah diperoleh kemudian penulis analisiskan. Sumber utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling, Pembina IPNU IPPNU, wali kelas multimedia, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa multimedia kelas XII SMK Syubbanul Wathon. Hasil penelitian menunjukkan 1) Implementasi Pendidikan karakter religius dan patriotisme di SMK Syubbanul Wathon Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang, yakni: karakter religius melalui pembiasaan puasa sunah, sholat fardu berjamaah, sholat dhuha, sholat hajat, sholat rowatib, mujahadah, kegiatan mengaji, pembentukan sikap Amanah dan ikhlas dalam mencari ilmu; karakter patriotisme melalui pembiasaan apel sebelum masuk kelas, hubbul wathon minal iman, pelaksanaan kegiatan berkaitan dengan bela negara, bakti sosial, dan pelaksanaan upacara pada hari besar nasional. 2) Faktor pendukung Pendidikan karakter religius di SMK Syubbanul Wathon diantaranya akhlakuk karimah, ibadah haliyyah dan amaliyyah, Amanah, tanggung jawab, sopan, santun, pengajaran kitab kuning metode Amtsilati dan pengajaran Al-Qur’an metode qiro’ati, serta sarana dan prasarana. Adapaun faktor pendukung Pendidikan karakter patriotisme di SMK Syubbanul Wathon adalah keseimbangan jadwal sekolah dan mengaji, pembiasaan apel, saling menolong, persaudaraan, dan berkorban demi tujuan yang dicapai. 3) Faktor penghambat dalam implementasi Pendidikan karakter religious di SMK Syubbanul Wathon diantaranya adalah perbedaan sikap siswa ketika di rumah dan di sekolah, faktor lingkungan, faktor diri sendiri, masih banyaknya siswi yang ketika mujahadah untuk kegiatan mandi. Adapun faktor penghambat Pendidikan karakter patriotisme di SMK Syubbanul Wathon adalah masih kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya efektifitas jam pelajaran siang (jam putri), dan masih adanya senioritas.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 17:54
Last Modified: 11 Jul 2023 10:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17542

Actions (login required)

View Item View Item