PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KAWEDANAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Nurcahya, Wisnu Eka (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KAWEDANAN TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Wisnu Eka Nurcahya 23070160130.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurcahya, Wisnu Eka. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan MIT App Inventor Pada Materi Aritmetika Sosial Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kawedanan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, MIT App Inventor. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika berbasis Android pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kawedanan dengan materi aritmetika sosial menggunakan platform MIT App Inventor. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Pada penelitian ini, tahapan pengembangan hanya mencakup sampai tahap implementasi dengan uji coba terbatas dan belum meliputi tahap uji coba dengan skala luas. Uji coba dilakukan terhadap 31 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kawedanan dengan teknik pengambilan data menggunakan angket yang diberikan kepada 1 guru mata pelajaran matematika dan 31 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kawedanan. Data hasil validasi ahli materi dan ahli media pada media pembelajaran berbasis Android menggunakan MIT App Inventor telah diuji coba terbatas. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui bahwa hasil validasi ahli materi memperoleh angka rata-rata 4,8 yang berada pada kategori baik, sementara ahli media memperoleh angka rata-rata 4,7 yang berada pada kategori sangat baik. Jika kedua nilai tersebut diakumulasikan, maka didapatkan angka rata-rata sebesar 4,7, yang menandakan bahwa hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi dapat dikatakan valid. Selain itu, media pembelajaran juga dinilai praktis oleh siswa dengan angka rata-rata 4,47 dan oleh guru mata pelajaran matematika dengan angka rata-rata 4,4. Jika kedua nilai tersebut diakumulasikan, maka diperoleh hasil penilaian oleh siswa dan guru dengan angka rata-rata 4,4, yang berada pada kategori Sangat Baik. Dengan menggabungkan semua hasil validasi tersebut, media pembelajaran ini berbasis Android menggunakan MIT App Inventor dinyatakan sangat layak dengan angka rata-rata 4,6.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 17:57
Last Modified: 11 Jul 2023 17:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17543

Actions (login required)

View Item View Item