KURNIAWATI, ISNA (2023) IMPLEMENTASI SIKAP KESADARAN BERAGAMA DAN TENGGANG RASA PADA SISWA DI MTs MA’ARIF PANCURANMAS KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ISNA KURNIAWATI-23010190170.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kurniawati, Isna. 2023. Implementasi Sikap Kesadaran Beragama dan Tenggang Rasa pada Siswa di MTs Ma’raif Pancuranmas Kecamatan Secang Kabupaten Maagelang Tahun 2023. Skripsi: Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Mukh Nursikin, M.S.I. Kata Kunci: Implementasi, Kesadaran Beragaama, Tenggang Rasa. Tujuan penelitian yang telah dilakukan penulis adalah: 1) Untuk mengidentifikasi implementasi sikap kesadaran beragama pada siswa di MTs Ma’arif Pancuranmas Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun 2023. 2) Untuk mengidentifikasi implementasi sikap tenggang rasa pada siswa di MTs Ma’arif Pancuranmas Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun 2023. 3) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat sikap kesadaran beragama dan tenggang rasa pada siswa di di MTs Ma’arif Pancuranmas Kecamatan Secang Kabupaten Magelang tahun 2023. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yang bersifat pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama. Implementasi kesadaran beragama pada siswa di MTs Ma’arif Pancuranmas melalui kegiatan pembiasaan pagi, salat duha, salat zuhur berjamaah, ziarah kubur, doa sesudah pelajaran, mujahadah bulanan, pembelajaran di kelas dan keteladanan dari guru. Kedua, sikap tenggang rasa diimplementasikan melalui pembiasaan bersalam-salam, halal bi halal, menghargai, menghormati dan meyayangi. Pembelajaran di kelas memberikan arahan dan bimbingan serta keteladanan dari guru. Ketiga, faktor pendukung dari sikap kesadaran beragama dan tenggang rasa adalah dukungan orang tua, kesadaran diri sendiri, dan dukungan sekolah. Sedangkan untuk faktor penghambat adalah pergaulan siswa dan faktor lingkungan masyarakat/tempat tinggal.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 20:58 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 07:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17565 |
Actions (login required)
View Item |