EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WONDERING EXPLORING AND EXPLAINING (WEE) DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII MTS TARQIYATUL HIMMAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WIJAYANTI, ALVI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN WONDERING EXPLORING AND EXPLAINING (WEE) DENGAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE (QSH) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VII MTS TARQIYATUL HIMMAH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ALVI WIJAYANTI 23060190088.pdf

Download (5MB)

Abstract

Wijayanti, Alvi. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Wondering, Exploring, and Explaining (WEE) Dengan Strategi Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Tata Surya Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Guru Mata Pelajaran Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Kata Kunci: Efektivitas; Wondering, Exploring, and Explaining; Question Student Have; Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Wondering, Exploring, And Explaining (WEE) Dengan Strategi Question Student Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Tata Surya Kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi experiment dan desain nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Tarqiyatul Himmah tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling total. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan sampel berjumlah 19 peserta didik serta kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan sampel berjumlah 19 peserta didik. Dalam teknik pengumpulan data tes, data tes yang digunakan berupa soal pilihan ganda yang telah diujikan keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, serta uji daya pembeda. Adapun metode dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji Mann-Whitney menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem tata surya diperoleh dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (77.89) > kelas kontrol (70.00). Dibuktikan melalui uji hipotesis yaitu uji Mann-Whitney hasil penelitian ini dapat diperoleh hasil dari uji Mann-Whitney dengan berupa nilai signifikansi (0.030) < (0.050). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga, model pembelajaran WEE dengan strategi QSH efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi sistem tata surya di MTs Tarqiyatul Himmah Tahun Pelajaran 2022/2023. Implikasi hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif model pembelajaran inovatif yang berdampak pada hasil belajar peserta didik serta mengurangi proses pembelajaran yang terpusat pada guru melalui kerjasama kelompok dengan pertanyaan tertulis.  

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 22:08
Last Modified: 11 Jul 2023 15:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17576

Actions (login required)

View Item View Item