STRATEGI GURU DALAM MEMUPUK MINAT BACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH ROUDHOTUL USYAQIL QUR’AN DUSUN CEBUR DESA KALIBEJI KECAMATAN TUNTANG TAHUN 2022/2023

ati, Zona rahayuning (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMUPUK MINAT BACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH ROUDHOTUL USYAQIL QUR’AN DUSUN CEBUR DESA KALIBEJI KECAMATAN TUNTANG TAHUN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Zona Rahayuning Ati 2305018018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ati, Zona Rahayuning. 2022. Strategi Guru dalam Memupuk Minat Baca Al￾Qur’an Pada Anak Usia Dini di Madrasah Diniyah Roudhotul Uyaqil Qur’an Dusun Cebur Desa Kalibeji Kecamatan Tuntang Tahun 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universistas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dewi Wulandari, M. Sn. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Baca, Madrasah Diniyah dan Anak Usia Dini Tujuan penelitian strategi guru dalam memupuk minat baca Al-Qur’an pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Roudhotul Usyaqil Qur’an Dusun Cebur Desa Kalibeji Kecamatan Tuntang Tahun 2022/2023 ini untuk kendala guru dalam memupuk minat baca Al-Qur’an dan mengetahui strategi guru dalam memupuk minat baca Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan kepala madrasah, guru, orang tua dan siswa. Sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa SK Izin Operasional, lokasi madrasah, daftar guru, daftar siswa dan foto. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis kualitatifnya menggunakan model Milles dan Hubberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kendala yang mempengaruhi minat baca Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Roudhotul Usyaqil Qur’an Cebur yaitu faktor dari dalam diri anak seperti kesehatan jasmani, faktor psikologi yang meliputi faktor intelektual dan non intelektual. Faktor dari luar diri anak seperti faktor cuaca, lingkungan keluarga dan faktor teman sebaya. Strategi yang dilakukan guru sebagai upaya pemupukan minat baca Al-Qur’an pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Roudhotul Usyaqil Qur’an Cebur yaitu dengan strategi belajar sambil bermain, strategi pemberian gizi tambahan, melakukan pendekatan terhadap orang tua dan pemberian punishment (hukuman).

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2023 23:35
Last Modified: 11 Jul 2023 23:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17580

Actions (login required)

View Item View Item