EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

UMAH, WAHYU NURUL (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_WAHYU NURUL UMAH_23070190067.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tuntang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tuntang tahun pelajaran 2022/2023 dengan sampel peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol sebanyak 75 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji one sample t – test, uji Independent Sample T - test dan uji N – Gain. Hasil uji prasyarat menunjukan bahwa data yang didapatkan memiliki distribusi normal dan homogen. Kemudian dianalisis One Sampel t-Test menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,000 dilihat dari nilai t bernilai 6,118 atau bernilai positif artinya nilai posttest kelas eksperimen lebih besar dari 75. Kemudian pada Uji Independent Sample T – test diperoleh nilai sig. 0,000 artinya terdapat perbedaan rata – rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terakhir berdasarkan hasil penghitungan uji N-Gain nilai rata – rata N-Gain Score 0.75 masuk dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa seluruh indikator efektivisas pembelajaran terpenuhi, sehingga dapat dinyatakan bahawa model problem based learning berbantuan aplikasi GeoGebra efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:34
Last Modified: 12 Jul 2023 01:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17582

Actions (login required)

View Item View Item