ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 PATI PADA MATERI BENTUK ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

, Issa Yuliantika (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 PATI PADA MATERI BENTUK ALJABAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ISSA YULIANTIKA 23070190013.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yuliantika, Issa. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Pati Pada Materi Bentuk Aljabar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, bentuk aljabar, problem based learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kemampuan pemecahan masalah model polya matematika siswa kelas VII MTs N 2 Pati dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas VII A MTs Negeri 2 Pati yang terbagi menjadi 3 kategori, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terlaksananya pembelajaran problem based learning pada materi bentuk aljabar di kelas VII A berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Untuk hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menunjukkan bahwa 1) Siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah matematis kategori tinggi sudah mampu menguasai 4 indikator kemampuan pemecahan masalah model polya, siswa sudah mampu menulis apa yang diketahui dalam soal sampai proses penyelesaiannya. 2) Siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah kategori sedang sudah mampu menguasai 3 indikator kemampuan pemecahan masalah model polya, namun siswa masih kesulitan dalam menentukan cara pemecahan masalahnya dan masih kurang tepat dalam menentukan variabel yang dibuat permisalan. 3) Siswa yang mempunyai kemampuan pemecahan masalah kategori rendah hanya mampu menguasai 1 indikator kemampuan pemecahan masalah model polya, siswa hanya mampu menulis yang diketahui dalam soal.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:50
Last Modified: 12 Jul 2023 01:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/17583

Actions (login required)

View Item View Item